Aplikasi Pengolah kata adalah aplikasi yang digunakan untu mengolah suatu kata menjadi data dan informasi yang berguna. Fungsi aplikasi pengolah kata ini adalah untuk menyusun, mengedit, menformat, dan mencetak dokumen pada suatu media cetak.
Aplikasi pengolah kata yang kita gunakan adlah Microsoft Office Word 2016.
Tampilan Microsoft Word 2016
Cara membuka Microsoft word 2016 Klik tombol Start -> All Apps -> Microsoft Word
kemudian Pilih New Lalu pilih Blank Document untuk membuka lembar kerja baru.
Penjelasan
dari menu-menu tampilan sesuai yang ditandai nomor :
1. Quick Access
adalah area yang berisi beberapa icon yang berguna
untuk mempercepat dalam melakukan akses tertentu sesuai dengan icon icon yang
ada didalamnya, umumnya Quick access toolbar ini menampilkan Save, Undo dan
Redo namun kita juga dapat mengaturnya agar sesuai dengan kebutuhan yang sering
kita gunakan.
2. Title Bar
berfungsi untuk menampilkan judul dari dokumen yang
sedang di buka.
3. Kontrol Jendela
berfungsi untuk mengatur tampilan lembar kerja Ms.
Word. Kontrol jendela terdiri dari 4 ikon yaitu : Minimize, untuk
menyembunyikan lembar kerja. Maximize, untuk memperbesar dan mengecilkan
tampilan lembar kerja. Close, untuk menutup lembar kerja.
4. Menu Bar
Menu bar ini terdiri dari sederetan menu yang
ditandai dengan teks yang meliputi : File, Home, Insert, Page Layout,
References, Mailings, Review, View. Bila diperlukan, menu pada Menu Bar ini
bisa ditambahkan sesuai kebutuhan.
5. Ribbon
merupakan area yang menampilkan isi dari Menu
Bar yang sedang aktif, isi dari menu bar ini ditampilkan dalam bentuk
group-group.
6. Ruler
Ruler adalah bagian dari tampilan Microsoft Word
yang berfungsi untuk menampilkan garis bantu dan dapat digunakan untuk mengatur
indentasi paragraf atau margin penulisan. Terdapat 2 ruler, yaitu Horizontal
Ruler dan Vertikal Ruler.
(Pada gambar ruler horizontal).
7. Ruler Vertikal
8. Lembar Kerja
Dingunakan untuk mengetik dan mengolah dokumen.
9. Status Bar
Status Bar adalah bagian dari tampilan Microsoft
Word yang berfungsi untuk menampilkan keterangan terkait proses yang sedang
terjadi di lembar kerja.
10. View Toolbar
Page View adalah fitur kontrol untuk mengubah
tampilan lembar kerja dan memperkecil atau memperbesar tampilan lembar kerja.
11. Zoom Control
Digunakan untuk mengatur ukurann tampilan lembar
kerja.
Menu-Menu dalam Microsoft Word 2016
A. Menu FileMerupakan menu yang menanmpilkan beberapa menu utama yang berhubungan dengan fie word yang dibuka atau sedang di kerjakan.
1. Info
2. New
3. Open
4. Save
5. Save As
6. Print
7. Share
8. Export
9. Account
10. Feedback
11. Option
(untuk mengetahui fungsi dari masing-masing menu dapat dilihat pada modul. Link download ada di akhir artikel)
B. Menu HomeMenu ini digunakan membuka menu standar, menu ini dapat dibuka dengan menekan kombinasi tombol Alt-H.
1. Clipborad
2. Font
3. Paragraph
4. Editing
(untuk mengetahui fungsi dari masing-masing menu dapat dilihat pada modul. Link download ada di akhir artikel)
C. Menu bar InsertMenu insert digunakan untuk menyisipkan file atau objek ke dalam lembar kerja.
1. Pages
2. Tables
3. Ilustration
4. Add-ins
5. Media
6. Link
7. Comment
8. Header & Footer
9. Word Art
10. Text
(untuk mengetahui fungsi dari masing-masing menu dapat dilihat pada modul. Link download ada di akhir artikel)
D. Menu DesaignMenampilkan submenu yang bisa digunakan untuk mendesainlembar kerjamenjadi lebih terstruktur.
Terdiri dari menu-menu berikut :
1. Themes
2. Document Formating
3. Page Backgroud
(untuk mengetahui fungsi dari masing-masing menu dapat dilihat pada modul. Link download ada di akhir artikel)
E. Menu LayoutMenu yang brungsi untuk mengatur tata letaks teks pada lembar kerja.
Terdiri dari menu-menu :
1. Page Setup
2. Paragraph
3. Arrange
(untuk mengetahui fungsi dari masing-masing menu dapat dilihat pada modul. Link download ada di akhir artikel)
F. Menu ReferencesMenu in digunakan untuk mencari referensi dokumen. Penggunaannya memerlukan koneks internet.
Terdiri dari menu-menu :
1. Table of Contents
2. Footnotes
3. Smart Lookup
4. Citations & Bibliography
5. Captions
6. Index
7. Table of Authorities
(untuk mengetahui fungsi dari masing-masing menu dapat dilihat pada modul. Link download ada di akhir artikel)
G. Menu MailingsMenu yang digunakan untuk membuat mail merger (surat massal), mengetik teks pada amplop dan membuat label.
Terdiri dari menu-menu :
1. Create
2. Start Mail Merge
3. Write & Insert Fields
4. Preview Results
5. Pada kotak nomor 5 ini sama halnya dengan nomor 4, tapi merupakan fungsi navigasinya, artinya jika kalian mengaktifkan Preview Result, maka bagan nomor 5 ini jua akan aktif, dan bisa kalian gunakan sebagai navigasi pencarian penerima, atau mencari ejaan yang salah.
6. Finish
(untuk mengetahui fungsi dari masing-masing menu dapat dilihat pada modul. Link download ada di akhir artikel)
H. Menu ReviewMenu ini digunakan untuk meninjau ulang dokumen, menu ini sangat berguna untuk mencari dan mengedit kesalahan pada dokumen yang sudah selesai dibuat.
Terdiri dari menu-menu :
1. Proofing
2. Accsessbility
3. Language
4. Comment
5. Tracking
6. Channges
7. Compare
8. Protect
9. Link to Notes
(untuk mengetahui fungsi dari masing-masing menu dapat dilihat pada modul. Link download ada di akhir artikel)
I. Menu ViewDigunakan untuk mengatur tammpilan lembar kerja agar bisa mempermudah pembuatan dokumen.
Terdiri dari menu-menu :
1. Views
2. Page Movement
3. Show
4. Zoom
5. Window
6. Macros
(untuk mengetahui fungsi dari masing-masing menu dapat dilihat pada modul. Link download ada di akhir artikel)
//*
Sumber :
LKS Informatika. Viva Pakarindo:Jawa Tengah
Bukupaket.com
edu.gcfglobal.org
sengedan.com
*\\
Download Modul Materi Aplikasi Pengolah Kata 1
Reza Hardiansyah X IPA 1 sudah mengirimkan tugas buk
BalasHapusOke sip
HapusZaskya adya mecca kelas X IPK 1 sudah siap mengirim tugas
BalasHapusoke bagus sekali
HapusNurul fitri X MiA 1 sudah mengirim tugas buk,terima kasih buk🙏🏻
BalasHapusoke bagus sekali
Hapus