Total Tayangan Halaman

Jumat, 06 November 2020

Mengenal Jaringan Komputer

 4 Materi Dasar Jaringan Komputer

<DOWNLOAD MODUL >> Klik Tulisan disamping >> Modul TIK Jaringan Komputer

1. Pengemlompokan Jaringan Komputer

Jaringan komputer dapat dibedakan berdasarkan jarak dan area kerjanya sebagai berikut :

A.    PAN (personal Area Network )

PAN adlah jriingan komputer yang digunakan untuk transmisi data antara prangkat prbadi. Contoh nya komputer, tablet, smartphone, Konsol video game dan pernagkat hiburan lainnya. PAN juga dapat digunakan untuk komunikasi antara perangkat pribadi sendiri (Komunikasi Intepersonal).

Kelebihan Janringan PAN adalah :

a)      Mudah dalam perawatan jaringan

b)      Jika ada permasalahan pada jaringan akan lebih mudah ditangani

Kekurangan jaringan PAN adalah sebagai berikut :

a)      Jaringan terbatas hanya mencakup beberapa perangkat saja.

b)      Luas area jaringan juga sangat terbatas, hanya mampu mencakup beberapa meter saja.

B.    LAN (Local Area Network)

Jaringan LAN menghubungkan beberapa komputer daam lingkungan area kurag dari 5 KM. LAN (Local Area Network) adalah jaringan komputer yang mencakup wilayah kecil; seperti jaringan komputer kampus, gedung, kantor, dalam rumah dan sekolah.

C.     MAN ( Metropolitan Area Network )

Metropolitan Area Network (MAN) adalah suatu jaringan dalam suatu kota dengan transfer data berkecepatan tinggi yang menghubungkan berbagai lokasi seperti kampus, perkantoran, pemerintahan, dan sebagainya. Jaringan MAN adalah gabungan dari beberapa LAN. Jangkauan dari MAN ini berkisar antara 10 hingga 50 km.

D.    WAN (Wide Area Network)

WAN (Wide Area Network) merupakan jaringan komputer yang mencakup area yang besar sebagai contoh yaitu jaringan komputer antar wilayah, kota atau bahkan negara, atau dapat didefinisikan juga sebagai jaringan komputer yang membutuhkan router dan saluran komunikasi publik. Internet merupakan contoh dari jaringan WAN ini.

2. Komponen Jaringan Komputer

A. NIC

Sebuah singkatan dari Network Interface Card. NIC adalah komponen perangkat keras yang digunakan untuk menghubungkan komputer dengan komputer lain ke jaringan.

Kartu Network Interface, salah satu komponen jaringan komputer utama, hadir dengan kecepatan berbeda, 10Mbps, 100Mbps, dan 1000Mbps, begitu seterusnya. Kartu jaringan standar terbaru dibangun dengan kecepatan koneksi Gigabit (1000Mbps). Ini juga mendukung untuk menghubungkan kecepatan yang lebih lambat seperti 10Mbps dan 100Mbps. Namun, kecepatan kartu tergantung pada kecepatan LAN Anda.

Mac Address atau physical address dikodekan pada chip kartu jaringan yang ditugaskan oleh IEEE untuk mengidentifikasi kartu jaringan secara unik. Mac Adress disimpan dalam PROM (Programmable Read-Only Memory).

B.     HUB

Ketika komputer meminta beberapa informasi dari jaringan, ia terlebih dahulu mengirimkan permintaan ke Hub melalui kabel. Hub akan menyiarkan permintaan ini ke seluruh jaringan. Semua perangkat akan memeriksa apakah permintaan itu milik mereka atau tidak. Jika tidak, permintaan akan dibatalkan.

Proses yang digunakan oleh Hub mengkonsumsi lebih banyak bandwidth dan membatasi jumlah komunikasi. Saat ini, penggunaan hub sudah usang, dan digantikan oleh komponen jaringan komputer yang lebih canggih seperti Switch, Router.

C.    SWITCH

Switch adalah perangkat telekomunikasi yang dikelompokkan sebagai salah satu komponen jaringan komputer. Komponen ini seperti Hub tetapi dibangun dengan fitur-fitur canggih. Ia menggunakan alamat perangkat fisik di setiap pesan yang masuk sehingga dapat mengirimkan pesan ke tujuan atau port yang tepat.

Tidak seperti hub, switch tidak menyiarkan pesan yang diterima ke seluruh jaringan, melainkan sebelum mengirimnya memeriksa ke sistem atau port mana pesan harus dikirim. Dengan kata lain, sakelar menghubungkan sumber dan tujuan secara langsung yang meningkatkan kecepatan jaringan. Baik sakelar maupun hub memiliki fitur-fitur umum: Beberapa port RJ-45, catu daya, dan lampu koneksi.

D.    ROUTER

Saat Anda memiliki dua jaringan berbeda (LAN) atau ingin berbagi satu koneksi internet ke beberapa komputer, kami menggunakan Router. Dalam kebanyakan kasus, router terbaru juga menyertakan saklar yang dengan kata lain dapat digunakan sebagai saklar. Anda tidak perlu membeli switch dan router, terutama jika Anda memasang jaringan bisnis dan rumah kecil.

Router adalah perangkat perangkat keras yang digunakan untuk menghubungkan LAN dengan koneksi internet. Ini digunakan untuk menerima, menganalisis dan meneruskan paket yang masuk ke jaringan lain. Router meneruskan paket berdasarkan informasi yang tersedia di tabel routing. Ini menentukan jalur terbaik dari jalur yang tersedia untuk transmisi paket.

E.     MODEM

Modem memungkinkan Anda untuk menghubungkan komputer Anda ke koneksi internet yang tersedia melalui saluran telepon yang ada. Seperti NIC, Modem tidak terintegrasi dengan motherboard komputer. Itu datang sebagai bagian terpisah yang dapat diinstal pada slot PCI yang ditemukan pada motherboard. Modem tidak diperlukan untuk LAN, tetapi diperlukan untuk koneksi internet seperti dial-up dan DSL

F.     KONEKTOR

Konektor digunakan sebagai sarana penghubung antara kabel dengan colokan LAN Card yang ada di CPU komputer. Jenis konektor yang digunakan sesuai tipe kabel misal RJ-45 berpasangan dengan kabel UTP/STP, konektor BNC/T berpasangan dengan kabel Coaxial sedangkan untuk tipe kabel fiber optic digunakan konektor ST.

G.    BRIDGE

Bridge digunakan untuk menghubungkan beberapa jaringan yang terpisah walaupun menggunakan media penghubung dan model atau topologi berbeda. Jadi mirip dengan jembatan pada kehidupan sehari – hari kita.

H.    KABEL

Jenis-jenis kabel yang dipakai sebagai transmisi data pada jaringan :

1.      Koaksial

Kabel ini sering digunakan sebagai kabel antena TV, dan disebut juga sebagai kabel BNC (Bayonet Naur Connector). Kabel ini merupakan kabel yang paling banyak digunakan pada LAN, karena memiliki perlindungan terhadap derau yang lebih tinggi, murah. Dan mampu mengirimkan data dengan kecepatan standar.

Keuntungan menggunakan kabel koaksial adalah murah dan jarak jangkauannya cukup jauh

Kekurangannya adalah susah pada saat instalasi Untuk saat ini kabel koaksial sudah tidak direkomendasikan lagi intuk instalasi jaringan

2.      Twisted Pair

Twisted Pair terdiri dari dua jenis :

Shielded Twisted Pair (STP)

Kabel STP memiliki kabel pelindung untuk menghindari derau dan perlindungan terhadap cuaca udara di luar gedung.

Keuntungan menggunakan kabel STP adalah lebih tahan terhadap interferensi gelombang elektromagnetik baik dari dari dalam maupun dari luar

Kekurangannya adalah mahal , susah pada saat instalasi (terutama masalah grounding), dan jarak jangkauannya hanya 100m

Unshielded Twisted Pair (UTP)

Kabel UTP (Unshielded Twisted Pair) adalah jenis kabel yang terdiri dari dua kawat tak terbungkus yang berpilin

Keuntungan menggunakan kabel UTP adalahmurah dan mudah diinstalasi

Kekurangannya adalah rentan terhadap interferensi gelombang elektromagnetik,dan jarak jangkauannya hanya 100m

3.      Optical Media

Bahan dasar dari optical media adalah kaca dengan ukuran yang sangat kecil (skala mikron). Biasanya dikenal dengan nama fibre optic (serat optic) Data yang dilewatkan pada medium ini dalam bentuk cahaya (laser atau inframerah)

Fiber optik disusun menjadi tiga bagian, yaitu:

>> Bagian Inti (Core), merupakanbagian lintasan yang dilewati cahaya.

>> Bagian Selongsong (Cladding), berfungsi untuk merefleksikan cahaya yang akan memantul keluar, balik kembali ke dalambagian inti

>> Bagian Buffer/Coating, merupakanpelindung plastik untuk core dan cladding.

3. Topologi Jaringan Komputer

Istilah Topologi ini digunakan pada jaringan komputer dikarenakan perlunya untuk menyederhanakan bentuk dari suatu jaringan ke dalam suatu bentuk tertentu, yang meskipun pada kenyataannya tidak sesederhana itu tetapi memiliki konsep bentuk yang serupa. Bentu Topologi ini diantaranya :

  1. TOPLOGI MESH

Dalam topologi mesh / jala, setiap perangkat terhubung ke setiap perangkat lain di jaringan melalui tautan point-to-point khusus. Topologi jenis ini bisa menggunakan metode penuh (setiap perangkat saling terhubung), atau parsial (hanya beberapa perangkat saja yang saling terhubung).

Keuntungannya adalah dikarenakan adanya beberapa titik koneksi maka apabila ada route yang diblokir maka arus informasi masih bisa dialihkan melalui rute lainnya, namun sayangnya topologi jenis ini termasuk yang membutuhkan biaya paling tinggi untuk pemasangannya dan kurang efisien dalam skala besar.

  1. TOPOLOGI STAR

Dalam Topologi Star / Bintang, semua komputer terhubung ke perangkat yang terletak di pusat yang disebut hub. Semua perangkat di jaringan terhubung dengan perangkat hub melalui tautan komunikasi, yang mana setiap komputer atau perangkat membutuhkan kabel tunggal untuk koneksi ke hub. Hub di sini bisa berupa router, switch, atau hub.

Dibandingkan dengan topologi mesh, topologi jenis star ini lebih mudah dan murah dari segi instalasi dan kebutuhan materialnya, namun jadinya apabila Hub mengalami gangguan maka semua perangkat yang terhubung tidak bisa lagi bertukar informasi. 

  1. TOPOLOGI BUS 

Topologi bus terdiri dari satu kabel yang mana semua node yang ada akan terhubung ke kabel tersebut. Ada perangkat yang disebut Tap yang menghubungkan kabel dari masing-masing node ke kabel utama.

Walaupun proses instalasinya tergolong mudah dan tidak membutuhkan banyak kabel, namun karena semua node hanya terhubung pada satu kabel maka akan ada batasan berapa banyak node yang bisa dihubungkan ke kabel tersebut supaya tidak mengganggu kecepatan transfer data.

  1. TOPOLOGI RING

Dalam topologi ring / cincin, masing-masing perangkat terhubung dengan dua perangkat di kedua sisinya. Ada dua tautan point-to-point khusus yang dimiliki perangkat dengan perangkat di kedua sisinya. Jika suatu perangkat ingin mengirim data ke perangkat lain maka data akan terkirim dalam satu arah.

Setiap perangkat dalam topologi ini memiliki repeater, jadi jika data yang diterima ditujukan untuk perangkat lain maka repeater meneruskan data ini sampai perangkat yang dituju menerimanya.

Instalasi dan pengelolaan dari jaringan yang menggunakan topologi ini terbilang mudah, namun kendala ada pada arus data yang harus memutar satu arah, dan juga apabila ada perangkat rusak maka proses pengiriman data akan gagal secara keseluruhan.

  1. TOPOLOGI TREE

Topologi Tree adalah salah satu contoh penerapan topologi hybrid, yan mana di dalam topologi ini semua komputer terhubung seperti cabang-cabang pohon. Dalam Jaringan Komputer, topologi pohon dikenal sebagai kombinasi topologi jaringan Bus dan Star. Keuntungan utama dari topologi ini adalah fleksibilitas dan skalabilitas yang lebih baik.

Konfigurasi untuk topologi ini adalah yang tersulit diantara lainnya, dan apabila ada kerusakan pada hub maka keseluruhan jaringan akan bermasalah, serta topologi ini membutuhkan kabel yang lebih banyak.

4. Internet 

Internet (Interconnected Notworking) merupakan sebuah sistem komunikasi global yang menghubungkan komputer-komputer dengan jaringan-jaringan komputer di seluruh dunia. Berikut beberapa layanan di internet :

1.      EMAIL

Email ini bisa dikatakan adalah layanan pertama dalam dunia internet. Layanan ini ditujukan untuk surat menyurat dalam hal ini mengirimkan pesan elektronik dan diterima oleh masing-masing individu di internet. Email bekerja seperti kotak surat anda di dunia nyata. Meskipun anda tidak ada di rumah, surat itu bisa tetap anda terima. Begitu pula email, meskipun kita tidak sedang online, namun kita tetap bisa menerima email dari seluruh penjuru dunia. Saat ini email tidak hanya berisi teks saja, namun bisa dilampiri gambar, foto, suara bahkan video. Email juga memudahhkan kita mengirim surat yang sama kepada beberapa orang sekaligus. Berkirim dan menerima email adalah hal yang sangat umum terjadi dan dilakukan oleh semua orang di internet.

2.      FTP

FTP atau file transfer protocol adalah layanan di internet untuk melakukan transfer antara komputer dengan banyak server di internet. FTP digunakan untuk mengirim dan menerima file diantara komputer di seluruh dunia. Cukup banyak server di internet yang menyediakan layanan ini sehingga kita dapat menyalin sebuah atau banyak file ke komputerkita.

3.      TELNET

Telnet berfungsi untuk mengakses komputer/server dari jauh. Telnet merupakan program yang bisa membuat komputer menjadi pusat dari komputer lain di internet. Telnet membuat seorang pemakai komputer dapat masuk ke komputer lain dan menjalankan program di komputer tersebut. Namun dalam telnet kita hanya dapat menjalankan program dan perintah dalam mode teks saja. Saat ini telnet jarang digunakan karena koneksinya bisa dibajak atau dibaca. Versi telnet yang lebih aman adalah SSH atau Secure Shell yang pada prinsipnya sama, hanya saja transfer datanya diacak dengan sistem enkripsi sehingga tidak bisa dibajak di tengah jalan.

4.      GOPHER

Gopher adalah aplikasi perangkat lunak yang tersusun atas menu sistem pencarian informasi. Situs yang menggunakan protokol Gopher pada dasarnya adalah berupa komputer yang menampilkan menu yang mewakili data dan informasi yang tersedia. Secara mendasar menu ini adalah daftar isi yang mengolah dan menunjuk informasi tertentu. Layanan ini menggunakan FTP untuk pertukaran file dan Telnet untuk terkoneksi dengan server-server tertentu. Saat ini Gopher sudah jarang sekali digunakan, bahkan hampir tidak ada.

5.      WORLD WIDE WEB

WWW adalah sebuah sistem dalam internet yang memberikan fasilitas informasi yang cepat dan menggunakan teknologi hiperteks. Layanan ini adalah layanan yang paling dikenal oleh banyak orang dan paling cepat perkembangan teknologinya. Layanan ini menggunakan pranala hiperteks yang disebut hyperlink untuk merujuk pada halaman tertentu pada web server. Halaman web bisa berisi suara, gambar, animasi, teks atau program perangkat lunak yang dapat menjadikannya dokumen yang dinamis. Pengguna mengakses World Wide Web dari sebuah browser, yaitu sebuah program yang dapat menampilkan file HTML, seperti misalnya Mozilla Firefox, Opera, Chrome dan lain sebagainya.

Dalam WWW, struktur sumber daya internet ini dapat dianalogikan seperti jaring laba-laba. Jika dilihat dari polanya, jaringan ini memiliki lingkarang yang terpusat pada satu titik yang sama. Dari titik tengah ini akan membentuk garis penghubung yang tegak lurus terhadap lingkaran sehingga membentuk simpul. Jika percabangan merupakan titik simpul yang mengandung data, maka setiap garis adalah penghubung yang mengkoneksikan setiap data. Pemilihan data ini dilakukan dengan sistem hypertext. Pada titik simpul terdapat satu atau banyak komputer yang terhubung di internet atau sebuah petunjuk yang mengarahkan ke file tertentu dalam sebuah komputer. Dalam hal ini ketika ada sebuah Hyperlink maka akan ada koneksi dengan komputer lain atau berkas lainnya. Contoh WWW adalah situs yang sekarang anda gunakan, Facebook, Twitter, LinkedIn, Youtube, dan lain-lain.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Siapakah nama anda ?