Total Tayangan Halaman

Rabu, 26 Agustus 2020

Menu-menu Microsoft Office Excel 2016 dan Cara Mengolah dokumen Excel

 


A.    Tampilan Microsoft Excel 2016

Microsoft Excel dalah bagian dari microsoft office, yang mana microsoft excel merupakan aplikasi pengolah angka. Aplikasi ini berbentuk lembar kerja berupa kolom dan baris.

Berikut ini adalah tampilan dari microsoft excel 2016 :

Keterangan :

a.     Quick Access Toolbar : berisi icon perintah yang sering digunakan seperti save, undo, dan redo.

b.      Title Bar  : baris judul atau nama filr uang sedang dibuka

c.    Menu Bar : Menu-menu yang berisi fitur-fitur yang dapat digunakan untuk memudahkan dalam mengolah dokumen

d.     Formula bar : digunakan untuk menuliskan atau mengedit data beserta rumus yang terdapat pada sel.

e.     Worksheet : Lembar kerja aktif yang funsi nya untuk mengolah dokumen

f.       Sheet : Nama tabel tempat bekerja.

g.       Page View : berisi tombol untuk mengatur ukuran tampilan lembar kerja

h.    Sel Aktif : yaitu dimana data akan di masukan atau sedang di masukkan.


B.     Menu-Menu dalam Microsoft Excel

 

Gambar diatas adalah Menu Home yang memiliki beberapa sub menu. Sub menu datas memiliki fitur-fitur tertentu yangmemiliki fungsi nya masing-masing. Berikut ini sub menu dari menu home :

1.      Grup menu Clipboard

 

Beberapa Icon dan fungsi di Group Clipboard:

(a). Paste (Ctrl+V) : Untuk menempelkan objek atau teks.

(b). Cut (Ctrl+X) : Untuk memotong atau memindahkan data atau objek yang ditandai ke sel lain dengan bantuan perintah Paste setelah melakukan Cut.

(c). Copy (Ctrl+C) : Untuk menyalin data atau objek yang ditandai ke sel lain dengan bantuan perintah Paste setelah melakukan Copy.

(d). Format Pointer : Untuk menyalin format yang akan diterapkan ke dalam data lain.

 

2.      Group menu Font

 

Beberapa Icon dan fungsi di Group Font:

(a) Font : Untuk mengatur jenis huruf yang diinginkan.

(b) Font Size : Untuk mengatur ukuran huruf.

(c) Increase Font Size : Untuk memperbesar ukuran huruf.

(d) Decrease Font Size : Untuk memperkecil ukuran huruf.

(e) Bold (Ctrl + B) : Cetak tebal.

(f) Italic (Ctrl + I) : Cetak miring.

(g) Underline (Ctrl + U) : Cetak garis bawah.

(h) Bottom Border : Untuk membuat garis tetapi pada sel yang aktif dan untuk mendesain tabel.

(i) File Color : Untuk mewarnai background sel yang dipilih.

(j) Font Color : Untuk mewarnai teks pada sel yang dipilih.

 

3.      Group Alignment

 

Beberapa Icon dan fungsi di Group Alignment:

a. Top Align : Untuk membuat teks menepi ke bagian atas sel.

b. Middle Align : Untuk membuat teks menepi ke bagian tengah sel.

c. Bottom Align : Untuk membuat teks menepi ke bagian bawah sel.

d. Orientation : Untuk mengatur arah dan posisi data dalam sel.

e. Wrap Text : Untuk menampilkan semua isi sel dalam beberapa baris.

f. Align Text Left : Untuk menjadikan teks rata kiri.

g. Center : Untuk menjadikan teks rata tengah.

h. Align Text Right : Untuk menjadikan teks rata kanan.

i. Decrease Indent (Ctrl+Alt+Shift+Tab) : Untuk menarik batas kiri teks ke sebelah kiri.

j. Increase Indent (Ctrl+Alt +Tab) : Untuk menarik batas kiri teks ke sebelah kanan.

k. Merge & Center : Untuk menyatukan dua sel atau lebih.

 

4.      Group Number

 

Beberapa Icon dan fungsi di Group Number:

a. Number Format : Untuk mengatur format tertentu pada data jenis numeric yang terdapat dalam sel.

b. Accounting Number Format : Untuk mengatur format harga sesuai dengan spesifikasi mata uang.

c. Percent Style (Ctrl+Shift+%) : Untuk menampilkan format persen, nilai persentase akan muncul secara otomatis pada sel yang telah di format.

d. Comma Style : Untuk menampilkan angka desimal sebagai angka bulat.

e. Increase Decimal : Untuk menampilkan angka di belakang koma (Pembulatan).

f. Decrease Decimal : Untuk mengurangi angka di belakang koma (Pembulatan).

 

5.      Group Styles

Berfungsi untuk mengatur tampilan atau model pada tabel atau sel.

Beberapa Icon dan fungsi di Group Styles:

a. Conditional Formatting : Untuk melakukan format terkondisi.

b. Format as Table : Untuk membuat format tabel cepat.

c. Cell Style : Untuk membuat format sel secara cepat.

 

6.      Group Cells

 

Berfungsi untuk mengatur sel pada lembar kerja Microsoft Excel.

Beberapa Icon dan fungsi di Group Cells:

a. Insert : Untuk menyisipkan sel, baris, atau kolom pada worksheet.

b. Delete : Untuk menghapus baris sel maupun kolom yang aktif.

c. Format : Untuk melakukan format sel.

 

7.      Group Editing

 

Berfungsi untuk menjumlahkan data sel yang di pilih secara otomatis mencari dan mengganti data teks atau angka.

Beberapa Icon dan fungsi di Group Editing:

a. AutoSum (Alt+=) : Untuk menjumlah isi sel yang dipilih.

b. Fill : Untuk membuat deret data dalam suatu range, menyalin isi data suatu sel atau range.

c. Clear : Untuk menghapus semuanya dari sel, nilai hingga format.

d. Sort & Filter : Untuk mengurutkan data dari yang terkecil hingga terbesar, begitupun sebaliknya.

e. Find & Select : Untuk mencari dan mengganti data secara otomatis.


C.    Membuat Tabel

Langkah-langkah membuat tabel dalam microsoft excel 2016 sebagai berikut :

1)      Buka Microsoft Excel 2016, selanjutnya klik Blank Workbook

2)      Tulis data didalam lembar kerja

3)      Blok semua data tabel yang telah selesai ditulis- Klik Borders.

Terdapat berbagai macam pilihan bder yang dapat di pilih. Berikut ini gambar yang dapat menunjukkan proses di atas :

 

 

Untuk memberi Garis border pada semua tabel maka Klik All Borders.

 

D.     Format Data Tabel

Format data tabel maksudnya adalah mengatur ataupun merubah pengaturan yang telah ada dari tabel yang telah dibuat sebelumnya. Berikut ini dalah langkah-lagkahnya :

1)      Seleksi tabel yang akan di format

2)      Pilih menu Home-Styles-format as Table.  

3)      Pilih gaya tabel yang ingin untuk digunakan.

 




Sumber :  https://www.kelasexcel.id/

 

E.    Menyimpan File

Menyimpan file pada microsoft excel sama denan cara menyimpan dokumen word. Langkah sebagai berikut :

1)      Klik File- Save As.

2)      Terdapat beragam tempat ppenyimpanan untuk menyimpan file, pilih This PC untuk menyimpannya di folder lokal seperti Document

3)      Ketikan nama file yang akan disimpan dan pilih type file yang di inginkan kemudian klik Save. 


DOWNLOAD MODUL >> klik tulisan disamping >> Modul Excel 1

TONTON VIDEO NYA >> klik tulisan disamping >> Tutorial Excel 1

8 komentar:

Siapakah nama anda ?